Impian SuperKecil


Selaku orang yang baru setahun lebih berada di sebuah kota yang masih sarat akan kebudayaannya, Jogjakarta, aku merasa sangat antusias menjajaki daerah-daerah yang belum diketahui. Pertama kali berada di sini saya diajak berkeliling oleh teman baru yang 7 tahun lebih tua dari ku. Satu tempat kost. Kami mencari makan sore, berkeliling sejenak sambil diceritakan sejarah-sejarah kecil mengenai tempat yang kami lalui.

Di kampus, aku masih merasa belum kenal satu dengan yang lainnya, namun karena terdapat sebuah tugas yang harus dikerjakan bersama-sama lalu kami menjadi dekat, tugasnya adalah membuat film pendek. Kami mengambil setting di SMU 8 Jogjakarta, aku tidak melakukan apa-apa, hanya sekedar meramaikan suasana. Esok harinya aku dengan seorang teman hendak membeli celana basket. Kami sama-sama tidak tahu tempatnya. Memutuskan untuk memutar Jogja di malam hari. Pada saat melewati KM.0 di daerah Malioboro kami bertemu teman-teman yang lain yang sedang membuat film. Kami berhenti, memarkirkan motor. Melihat sekeliling tempat. Indah sekali. Mobil dan motor yang lalu lalang, becak yang siap mengantar tamu, pejalan kaki, sepeda onthel, pak polisi yang berjaga di posnya, dan lampu kota yang apik. Aku tidak pernah melihat hal semacam ini di tempat asal ku. Suasana yang benar-benar berbeda.

Selama ini aku sudah pernah melewati daerah utara, barat, timur, Gunungkidul, selatan.

Namun ada satu yang belum aku jajaki.

Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan.

Tempat wisata yang biasa dipakai tempat syuting artis-artis FTV, tempat yang cukup mistis, tempat yang penuh dagangan cinderamata, kereta kelinci, acara Sekaten, dua pohon beringin yang saling tumbuh bersama, tempat orang berpacaran, tempatnya wedang ronde yang enak, pengamen yang hanya beputar-putar disana.

Kapan aku kesana?

Sempat kemarin akhirnya kesana namun tidak cukup waktu untuk melihat-lihat sekeliling karena harus mencari alamat sebuah instansi.

Hmm.. Sebuah impian superkecil yang belum terwujud. Impian ingin melihat lebih lama dan menjelajahi tempat tersebut.

2 thoughts on “Impian SuperKecil

Leave a Reply

