Volcanic Ash. 30 Oct ’10


Place: Jogjakarta, Indonesia

Time: 02.50 WIB until 05.00 WIB

Abu vulkanik dari gunung Merapi yang melanda kota Jogjakarta membuat masyarakat yang belum pernah mengalami kejadian ini merasakan antara shock, stress, maupun terkagum-kagum. Kejadian yang berlangsung dini hari tersebut sempat membuat panik warga. Di tempat saya pada saat itu banyak terdengar laju kendaraan dan sirene ambulan maupun polisi yang silih berganti. Teman-teman saya pun beberapa dari mereka mengungsi ke daerah selatan. Saya baru tahu kalau abu vulkanik ini sudah sampai daerah Bantul dan bagian barat Jogjakarta yaitu Gamping dan Kulonprogo. Tebal rata-rata abu vulkanik kalau tidak salah 1-2 cm. Ini ada beberapa gambar yang saya ambil di tempat saya sendiri di daerah kaliurang.

ini adalah salah satu bagian tiang antena parabola yang cukup besar.

ini adalah jalan untuk roda gerbang. Susah untuk dibuka karena tertutup abu vulkanik yang cukup tebal.

ini adalah gembok yang belum dibersihkan setelah kejadian hujan abu. tertutup dengan butiran halus abu vulkanik.

ini genteng bagian atas tempat saya yang paling pertama terkena hujan abu vulkanik.

yup itulah beberapa gambar yang terlihat di tempat saya. cukup tebal namun didaerah tempat pengungsian kemungkinan besar lebih tebal dari ini. Di sekitar jalan-jalan besar dipenuhi kabut abu yang dibuat oleh kendaraan bermotor pada saat berkendara. Rata-rata hampir semua warga menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut karena abu vulkanik bisa mengakibatkan gangguan pernafasan.

Semoga semuanya dilindungi oleh Tuhan dan tidak terjadi hal yang seperti ini lagi. Amien!

Leave a Reply

