trip: Museum Gunungapi Merapi


Terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Lima Kilometer dari kawasan Obyek Wisata Kaliurang. Bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor.

Menurut situs gudeg.net, bangunan tersebut diresmikan pada 1 Oktober 2009 lalu oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro. Museum yang dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar dengan bangunan induk museum seluas 4.470 meter persegi.

Museum ini diperuntukkan untuk edukasi mengenai sejarah gunung-gunung di dunia dan dikhususkan juga untuk sejarah gunung Merapi.

Pertama kali menginjakkan kaki disana, perasaan yang muncul adalah senang dan takjub. Karena sebelumnya belum pernah melihat museum semegah dan seluas itu. Hahah..😀

Tiket yang ditawarkan adalah 3.000 rupiah dan apabila ingin melihat film mengenai gunung merapi bisa menambah harga 5.000 rupiah saja. Seperti museum pada umumnya, mereka tutup di hari Senin.🙂

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menjeprat-jepret didalam, jangan ngerokok, dan jangan memegang benda apapun didalam museum. Dan apa yang terjadi… jeng..jeng..jeng.. saya tidak melihat tanda ini pada saat awal masuk ke museum. Hahaha,, jadi saya masuk dengan pede nya menjeprat jepret dan melakukan sesi foto bersama dua teman saya. (-___-“) Ini tidak patut dicontoh ya sodara-sodara. (yang pasti kami tidak ditegur sama petugasnya selama memotret)

Karena melakukan hal bodoh maka dari itu beruntunglah yang membaca trip saya (dan teman saya yang akan menulis juga) ini karena akan disuguhi beberapa foto didalam museum. Yuk kita masuk kedalam museumnya..!🙂

Awal masuk akan diperlihatkan miniatur gunung Merapi. Terdapat beberapa tombol, yang merah untuk narasi mengenai merapi itu, yang biru dan tombol-tombol lainnya disisi kanan itu untuk mengetahui larva keluar dan mengalir sampai mana. Lampu-lampu merah akan menyala dibeberapa spot. Keren! Tapi sayang cuman satu yang bisa dipencet tombolnya.

Disisi kanan terdapat pameran foto kejadian letusan merapi 2010. Terbaru. Yang ini saya tidak memotret dalamnya karena memang tertulis tidak boleh dan dilapisi plastik. Foto-fotonya buat bulu kuduk naik. Sungguh dramatis. Yang memotret kejadian itu orang yang “cool” sekali.😀 Oiya, didalam situ juga ada bekas-bekas perabotan rumah tangga yang berhasil diselamatkan pasca letusan, serta beberapa barang lainnya.

Sebelum masuk ke gedung teater, kita perlu menaati beberapa peraturan disini.

Ini adalah ruang teaternya. Pada saat saya menonton cuman ada 6 orang. Hueheh.. private ya. Durasi film adalah 20 Menit.

Berikut beberapa foto-foto trip:

Tak hanya mengenai gunung, disini juga terdapat pengetahuan mengenai tsunami dan gempa bumi.

Di lokasi ini kita bisa mempelajari mengenai gunung-gunung yang ada di dunia. Dari yang masih aktif hingga yang sudah tidak aktif.

ada jejak kaki yang mengantarkan kita berkeliling di lantai pertama ini.

Tidak lupa, ada beberapa merchandise yang diperjualbelikan disini. Yang menarik adalah barang yang dijual berasal dari warga gunung merapi dan hanya ada satu barang yang diproduksi langsung dari koperasi MGM.

Namun ada beberapa yang masih perlu di perhatikan:

1. Masih kurangnya tenaga guide untuk pengunjung.

2. Kamar mandi yang rusak. Ini mungkin karena pasca letusan gn. merapi yang membuat saluran air terhambat dan terpaksa membeli air.

3. Kurangnya peremajaan barang-barang yang ada di dalam museum seperti belum dibuatkan kaca dibeberapa poster besar dan miniatur-miniatur.

4. Ada kaca yang pecah/retak yang belum diganti. Kemungkinan ini karena hujan abu.

5. Tidak ada brosur dan beberapa media promosi

Ada juga fasilitas yang diberikan di Museum ini:

1. Tempat shalat dan kamar mandi diluar gedung.

2. Fasilitas tempat sampah yang unik

3. Dibelakang gedung bisa digunakan untuk acara-acara

Overall, trip kali ini menarik karena banyak hal yang dipelajari. Dari awal mula terbentuknya gunung merapi, seberapa besar bahaya erupsi, hingga hal-hal lain seperti awal mula tsunami dan pertolongan pertama serta simulasi gempa.

AYO..AYO..!

Mari kita berkunjung ke museum dan menambah wawasan kita!😀

Other reference: pipit

2 thoughts on “trip: Museum Gunungapi Merapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s