Social Visit (Maluku, 2010) part 3-finish


Kegiatan pengabdian terakhir di Pulau Haruku. Melihat antusiasme dan rasa yang sangat bahagia melihat orang yang tidak kita terlalu kenal tersenyum.


lanjutan..

Hari ke tiga kami membuat acara outbound kecil-kecilan untuk anak SD kelas 4-6. Sedikitnya 80 anak yang ikut dalam kegiatan ini. Bertempat di halaman sekolah dengan cuaca yang cerah kami memulainya dengan ice breaking, permainan yang akan dimainkan adalah memasukkan pensil didalam botol secara berkelompok dan tali semrawut. Permainan yang dimainkan anak-anak di permainan pertama sangat menarik karena anak-anak mengerti apa yang sudah dijelaskan. Namun pada permainan kedua agak mengalami kesulitan karena sistem permainan yang cukup rumit namun bisa diatasi oleh kami.

“siapa yang hari ini senang?!”

Setelah outbound, dilanjut pada malam hari dengan remaja Forum Anak Leamoni (FAL). Remaja yang hadir semuanya anak SMA. Dikepalai oleh mas Septian, pembicaraan kami dimulai. Pembicaraan mengenai mimpi, cita-cita, dan pengalaman menggugah hati teman-teman FAL. Teman-teman FAL memiliki cita-cita yang bagus sekali dan mengetahui rencana-rencana kedepannya untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Kami meminta tolong kepada beberapa teman-teman FAL untuk menggambarkan pohon proyektif yang nantinya pada saat kembali ke Yogya dinilai oleh dosen kami mengenai situasi dan gambaran teman-teman FAL.

Hari ke-empat pengabdian kami berada di samping gereja untuk memberikan film edukasi yang sempat tertunda. Hampir semua anak-anak ikut dalam acara ini karena hari ini adalah hari terakhir pengabdian kami.

Anak-anak dengan riang menonton film edukasi, namun 25 menit film berlangsung tiba-tiba listrik padam. (-_-“) Anak-anak mulai rebut dikarenakan tontonan mereka terhambat. Dengan bantuan pengasuh-pengasuh anak-anak bisa ditenangkan dan kami mengganti film edukasi dengan peementasan kecil yaitu membuat anak-anak berani tampil didepan teman-teman dan bercerita mengenai gambaran yang digambar mereka pada saat hari pertama pengabdian. Antusiasme anak-anak kembali muncul, banyak anak yang tunjuk tangan untuk tunjuk kemampuan mereka. Akhirnya kami menyudahi kegiatan pengabdian kami dengan berfoto bersama dan mendengarkan kata-kata perpisahan dari bapak pendeta. Terakhir kami memberikan buku dan pensil untuk anak-anak Kariu. Pengabdian yang kami lakukan di desa Kariu saya anggap sukses karena anak-anak, remaja, dan orangtua sangat antusias menerima kedatangan kami dan berpartisipasi dengan baik untuk mewujudkannya.

Pada tanggal 30 Juli 2010, kami mengucapkan perpisahan kepada keluarga yang kami inapi. Sungguh ini merupakan perpisahan yang membahagiakan sekaligus mengharukan. Merasakan hadirnya keluarga baru di sebuah desa kecil yang asri. Dua belas hari disini bertapa senangnya kami diterima dengan baik di masyarkat desa Kariu khususnya dan pulau Haruku pada umumnya. Kami memberikan kenang-kenangan kepada keluarga baru kami dan bersiap-siap menggunakan ojek menuju pelabuhan Wairiang di Kailolo untuk kembali ke Pulau Ambon.

——————————–

Terimakasih Pulau Haruku, masyarakat desa Kariu, kepulauan Maluku, dan teman-teman seperjuangan di Palapsi UGM. Pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Pengalaman yang mengajarkan bahwa keberagaman lebih luas dari sekedar mata memandang. Hanya dengan senyuman, keikhlasan, komitmen, antusiasme, dan kerja sama, pengalaman akan terbentuk secara sempurna. Lihatlah disekitar kita, pengabdian sekecil apapun yang kita lakukan akan berdampak pada perubahan yang semakin baik. Kita akan lebih peka, lebih menyadari kehidupan, dan lebih menghargai satu dengan lainnya.

Never Give Up!

Another Stories by my friend:

Haruku I

Haruku II

Haruku III

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s