Event: Goethe-Institut present- Nhieu Mat


Pada tanggal 07 Juni 2012 kemarin saya dan teman saya, mba pipit  dan ibu Yuti hendak menonton pertunjukan teater di Purna Budaya UGM, Yogyakarta. Pertunjukan teater ini bisa saya bilang hal yang baru, mix antara teater dan tari. Event ini diselenggarakan oleh Goethe-Institut. And it’s all Free!

Untuk mengetahui mengenai pertunjukan teater ini, saya co-pas kan saja langsung dari facebook gothe-insititut:

Dalam karya Nhiều mặt“ Raphael Hillebrand dan Sébastien Ramirez memperluas bahasa tari menjadi ekspresi yang kaya dan beragam. Unsur-unsur teater, teks yang dilisankan, musik dan lagu tradisional Vietnam adalah seluruh elemen karya unik ini. Musik dan dialog terpental dari dan melengkapi satu sama lain dalam harmoni yang sempurna. Seperti tari, musik juga menyatukan budaya tradisional dan kontemporer. Sebagai contoh, beatboxing selaras dengan Đàn tranh, sebuah instrumen tradisional yang terdiri dari 16-dawai.

Berdasarkan wawancara dengan 11 seniman asal Vietnam – sembilan penari dan dua musisi -, “Nhieu Mat” mengangkat pertanyaan-pertanyaan yang mengilustrasikan gambaran generasi muda Vietnam masa kini yang berbeda-beda. Menjadi generasi muda di sebuah negara tradisional namun tengah berkembang pesat dan harus menghadapi berbagai pilihan hidup non-konvensional, pernyataan-pernyataan para seniman muda ini sangat kaya, beragam, bermakna dalam dan kadang-kadang lucu, ironis serta sering kali…sangat menyentuh.

Raphael Hillebrand dan Sébastien Ramirez adalah dua penari dan koreografer yang telah diakui secara internasional. Raphael tinggal di Berlin, sementara Sébastien kadang di Perpignan (Prancis) namun kadang di ibukota Jerman itu juga. Secara artistik, keduanya dibesarkan dalam budaya hiphop, tetapi mereka mengembangkan bahasa artistik mereka sendiri jauh dari klasifikasi apapun.

Raphael meneliti titik-titik kontak antara tari dan drama, baik sebagai penampil maupun sebagai koreografer. Sébastien dikenal dengan gaya tarian yang unik, mengembangkan bahasa dramaturginya sendiri sebagai koreografer. Setelah duet mereka “The Mask”, mereka menciptakan “Together, alone”, sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari, video art dan drama. Dalam rangka program kerja sama kebudayaan, keduanya terlibat dalam proyek-proyek di Vietnam, Indonesia dan Kamboja.

“Nhieu Mat” diselesaikan pada tahun 2008, dalam rangka proyek kerja sama budaya Goethe-Institut di Vietnam dan Espace – CCF Hanoi, dengan dukungan dari Fonds Elysee. Proyek ini dikoordinasikan oleh MOOV’N Aktion (Prancis).

Setelah menonton selama kurang lebih satu jam, hal yang terbesit dibenak saya adalah pertunjukan yang sangat menarik dan menginspirasi untuk mengembangkan teater campuran ini. Gerakan yang anak muda sekali dibalut dengan teater musik yang klasik.

Semoga pertunjukan seperti ini terus ada ya!😀

Silakan dilihat secuplik video yang sempat saya dan teman saya ambil

ENJOY!😀

One thought on “Event: Goethe-Institut present- Nhieu Mat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s