Event: Stretching Art Exhibition


Berkunjung ke pameran seni lukis maupun pameran seni rupa beberapa kali pernah saya datangi di daerah Yogyakarta. Tanggal 09 Juni 2012 hingga 15 Juni 2012 kemarin terdapat pameran visual art yang berjudul “Stretching”. Lokasi pameran ini dilaksanakan di Galeri Biasa, Yogyakarta. Pameran ini Hasil dari kolaborasi antara Yogyakarta (KM 13,5) dan Bali (t’BAJAK).

“Stretching” yang artinya merenggangkan dinyatakan kedua kelompok perupa ini akan menjadi wadah mereka untuk saling mengenalkan basis kultur dan seni yang mereka miliki juga mengenalkan kepada masyarakat, serta memperlihatkan cara eksplorasi yang beragam dari masing-masing seniman dan kelompok berdasarkan latar belakang mereka (Sekapur Sirih pada katalog Stretching)

Terdapat 5 perupa dari teman-teman t’BAJAK dan 4 perupa dari teman-teman KM 13,5. Kegiatan pameran ini tidak hanya di Yogyakarta namun juga diadakan di Bali dari tanggal 27 Juni 2012 hingga 03 Juli 2012 di Lingkara PhotoArt Gallery, Renon.

Pembukaan pameran ini diikuti hampir seluruh perupa baik dari Bali maupun dari Yogyakarta. Pembukaan diadakan pada tanggal 09 Juni 2012 sekitar pukul 19.00 WIB. Pameran ini dibuka dengan satu atau dua patah kata oleh mas Wiwit “Ketel”, dilanjutkan dengan performance musik yang bergenre experiment music dari yogyakarta (maaf saya lupa namanya). Sebenarnya saya agak kurang familiar sama genre musicnya dan sedikit “ribut” karena bermainnya didalam ruangan.😛

Pada hari itu, yang datang mengunjungi pameran ini sekitar 100 orang dari berbagai macam kalangan. Karya dari para perupa di pamerkan di seluruh galeri biasa, lantai dasar dan lantai satu.

Salah satu perupa dari Bali adalah teman saya, Savitri. Dia menyumbangkan tiga karyanya, seperti:

Dibagian lantai satu, terdapat beberapa visual art yang bentuk atau spacenya lebih besar daripada di lantai dasar. Serta ada beberapa karya yang saling berhubungan.

Di salah satu sudut dilantai satu, ada sebuah karya bersama antara teman-teman dari Yogya dan Bali. Menarik sekali.

Saya tidak bisa berkata lebih banyak lagi karena saya tidak terlalu bisa menilai langsung sebuah karya seni. Saya hanya penikmat saja.🙂

Semoga ada pameran seni yang lebih banyak lagi di mana-mana!

HAVE FUN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s