Venue: Jalan Surabaya dan Restaurant Cali Deli


Di Jakarta memang memiliki banyak mall, isinya tak lain tak bukan adalah barang-barang serba baru dan modern sesuai dengan perkembangan jaman. Nah kalo yang ingin menemukan barang-barang antik alias barang lawas, kita bisa datang ke Jl. Surabaya di daerah Cikini. Disana banyak banget barang-barang lawas yang masih bisa dipakai atau hanya dijadikan pajangan.

Harga yang dibandrol tergantung sejarah benda itu. Jl. Surabaya jalurnya 1 arah, jadi kalau ingin melihat-lihat lebih baik dari awal Jl. Surabaya karena barang-barang yang dipajang cukup beragam. Di awal-awal jalan akan disuguhi berbagai macam bentuk guci dan piring kuno, patung-patung kecil hingga besar, lampu-lampu antik dan berbagai macam pajangan lainnya. Di pertengahan jalan akan menjumpai penjualan piringan hitam, kaset, dan VHS, serta alat pemutarnya, oiya ada juga penjualan kamera dan flash jaman dahulu ataupun second. Di ujung jalan akan menjumpai penjualan tas-tas KW super dan reparasinya.

Jadi kalau ingin berkunjung ke Jl. Surabaya diharapkan membawa kocek yang cukup banyak karena bisa-bisa kita membeli barang di luar keinginan kita. Hahaha..

Setelah berjalan-jalan menelusuri Jl. Surabaya kita akan melihat di sebelah kanan terdapat restoran berwarna merah yang cukup mencolok yaitu restoran Cali Deli. Restoran ini buka pertama kali di Jl. Surabaya, sedangkan saat ini sudah membuka 5 restoran lainnya di seputaran Jakarta yaitu di Bursa Efek Indonesia, FX Center, La Codefin Kemang, Graha Codefin Kuningan, dan Ranch Market Pejaten. Restoran Cali Deli sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner di Jakarta, bertapa tidak, Cali Deli menyuguhkan menu spesial yaitu Sandwich Vietnam. Mengapa sandwich vietnam? nah, setelah saya menelusuri beberapa web, salah satu penulis di detikfood, Bapak Bondan Winarno memberikan penjelasannya:

Pertama, sandwich Vietnam hampir selalu di-eksekusi dengan menggunakan baguette, yaitu roti Prancis yang panjang dan renyah dan crunchy bagian luarnya – bukan menggunakan roti tawar.Kedua, isi sandwich Vietnam mencerminkan sajian fusion yang sungguh unik. Ketiga, sandwich Vietnam biasanya justru jarang diolesi mentega, namun diolesi dengan mayonaise dan saus asam-pedas khas Vietnam.

Itulah sekilas dari sandwich di Cali Deli. Namun, pada saat saya berkunjung, saya tidak memesan sandwichnya melainkan hanya membeli minuman dan snack. Snacknya sendiri pun memesannya di restoran Madame Ching yang sepertinya pemiliknya sama dengan restoran Cali Deli. Mengapa hanya snack-ing dan minum? ya karena saya sudah makan siang namun kakak saya belum, alhasil sebagai pengganjal perut sebelum pulang kerumah kami sempatkan mampir di Cali Deli.πŸ™‚

Menu yang ditawarkan di Cali Deli beragam, dari nama dan gambar yang disajikan memang membuat mata menikmatinya. Oiya, selain menu dari Cali Deli, disini juga menyediakan menu di Madame Ching, restoran tepat disebelahnya. Untuk soal harga, terbilang menengah keatas, berkisar antara 19.000-50.000. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa minuman dan makanan disini karena dijamin pasti enak.πŸ˜€

Saya memesan minuman Apple & Blackcurrant (25k), sedangkan kakak saya memesan Butterfly Ice (26k), untuk makanannya kami memesan Crispy Wanton (25k) di Madame Ching. Rasanya memang mengasyikkan, perpaduan apple dan blackcurrantnya terasa, rasa butterfly ice nya juga menarik. Untuk Crispy Wanton, rasanya itu seperti pangsit goreng, didalamnya beberapa daging yang enak dilidah.πŸ™‚

Pada saat saya menunggu bill pembelian hari ini, saya melihat bahwa ornamen-ornamen yang disuguhkan memang berciri khas vietnam dan china. Teradapat 2 tempat untuk menikmati kelezatan makanan di Cali Deli, yaitu indoor dan outdoor. Kalau indoor seperti beberapa foto diatas, kalau outdoornya memberikan kenyamanan di bagian tempat duduknya, berbentuk semi sofa yang nyaman dan bisa berlama-lama berada di tempat ini.

Setelah menikmati makanan di Cali Deli, akhirnya kami berdua memutuskan untuk melanjutkan perjalanan yaitu balik ke rumah.πŸ˜€

HAVE FUN & HAPPY EATING!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s