Event: Pacuan Kuda Istimewa Sri Sultan Hamengku Buwono X Cup IV


Tanggal 11 November 2012 lalu saya bermain ke daerah Bantul, tepatnya di Gelanggang Olahraga Sultan Agung. Saya kesana dalam rangka melihat Kejurnas Pacuan Kuda Istimewa Sri Sultan Hamengku Buwono X Cup IV. Penyelenggaraan event ini berlangsung 2 hari, sabtu dan minggu, namun saya memilih menonton yang hari Minggu (waktu yang selooo). Saya baru pertama kali melihat acara pacuan kuda. Pacuan kuda yang merakyat kalau menurut saya, karena kita dapat menonton acara ini secara gratis dan menontonnya tepat di belakang pagar pembatas. Tapi kita bisa juga nonton dari gedung yang telah disediakan, cukup bayar 3ribu, kita bisa duduk ndlosor disana. Rasanya memang aneh ya kalo sering melihat di film-film acara beginian bakal duduk dibangku seperti di stadion, lha ini malah nongkrong pas deket orang lagi lomba. Bagian lucu dan menyeramkannya, ketika perlombaan akan dimulai, beberapa anak-anak dan orang dewasa berdiri ditengah lintasan, pada saat aba-aba dibunyikan, mereka semua cepat-cepat keluar dari lintasan. Kelakuan (-_____-”).

Kalau dari koran Kedaulatan Rakyat, panitia perlombaan sudah menyiapkan 25 nomor kelas yang berbeda. Pada hari Sabtu, diperlombakan 9 kelas non utama, yaitu kelas kuda mini, balap bendi, kontes andong, kuda tradisional, dan kuda lokal asli DIY. Sedangkan di hari Minggu, perlombaan ini diikuti oleh 200 kuda dari bebagai daerah di Indonesia dengan 16 kelas utama. Kelas utama yang paling bergengsi adalah kelas 2.000 meter. Juara pertama Sri Sultan Hamengku Buwono X Cup I-III dipegang oleh kuda Saud, namun untuk Cup IV ini juara pertamanya adalah kuda Poseidon G3 (Joki: Runtu) yang berasal dari Brother Silver Stable, Surabaya. Juara kedua diraih oleh Saweri Gading (Solo) dan juara ketiga diraih oleh Berlian Minang (Bangkalan).

Semoga saja fasilitas yang ada di Gelanggang Sultan Agung di bagusin sedikit, minimal dikasi beberapa tempat meneduh dekat dengan arena pacuannya..😛

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s