Trip: Museum Sumpah Pemuda


Sebelum saya beranjak pulang ke Yogyakarta, saya menyempatkan untuk mencari kembali dimana letak Museum Sumpah Pemuda. Museum Sumpah Pemuda berada di Jl. Kramat Raya No. 106. Ternyata letaknya itu berada setelah Jl. Salemba, dekat Halte Rivoli, dan setelah pom bensin di Jl. Kramat Raya. Gedung Museumnya terbilang kecil dan saya pun kalau tidak memperhatikan dengan baik tidak akan melihatnya.

Menurut leaflet museum, gedung sumpah pemuda dahulu merupakan pondokan pelajar di Jakarta yang dimiliki oleh Sie Kong Liong, pernah juga menjadi tempat penyelenggaraan kongres pemuda kedua pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dan menjadi pusat pergerakan mahasiswa sampai tahun 1934. Pada tahun 1951-1970, gedung ini dijadikan markas pemuda pejuang dan tahun 1973 dijadikan museum oleh pemerintah daerah DKI Jakarta. Pada kongres pemuda kedua, tercetuslah keputusan yang sangat fenomenal yaitu Sumpah Pemuda yang berisi tekad para pemuda untuk menjadi satu nusa, satu bangsa, dan menjunjung bahasa persatuan. Pada saat yang sama diperkenalkan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman. Kesepakatan tersebut menemukan arah yang jelas bagi pergerakan pemuda dalam perjuangannya mencapai Indonesia Merdeka.

Koleksi yang di miliki museum ini adalah beberapa diorama-diorama yang menceritakan kegiatan selama peristiwa sumpah pemuda, biola yang digunakan oleh W.R Supratman, foto-foto berbagai organisasi pemuda, piringan hitam lagu Indonesia Raya, bendera, dan lain sebagainya. Pada saat saya berkunjung kesana, sedang ada kegiatan baris berbaris yang dilakukan oleh para siswa SMP dalam rangka menyambut hari Sumpah pemuda. Menurut saya, museum ini memberikan pembelajaran yang memudahkan kita untuk memahami sejarah Sumpah Pemuda, karena kata-kata, foto-foto, dan diorama, kita bisa membayangkan bagaimana situasi yang terjadi ketika itu. Semoga saja museum ini bisa tetap hidup dan mendunia. #ngarep

This slideshow requires JavaScript.

Open

Tuesday-Friday: 08.00-15.00 WIB

Saturday-Sunday: 08.00-14.00 WIB

Monday: Close

Ticketing

Adult: Rp 2.000

Adults Group: Rp 1.000

Kids: Rp 1.000

Kids Group: Rp 500

International Tourist: Rp 10.000

HAVE A NICE TRIP!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s