Venue: Nasi Tempong Indra, Renon


Dahulu, di Denpasar, nasi tempong disediakan di lesehan-lesehan. Saat ini nasi tempong sudah meranah ke rumah makan. Salah satu rumah makan yang menyediakan nasi tempong di Denpasar adalah Nasi Tempong Indra, Jl. Letda Tatular No. 51, Renon. Tepat setelah Miracle. Rumah makan yang pertama terletak di Jl. Imam Bonjol 253 No. 12. Nasi tempong merupakan makanan khas dari Banyuwangi. Nasi tempong awalnya disajikan untuk para petani ketika makan siang. Seiring waktu, nasi tempong tak hanya dinikmati oleh para petani melainkan sudah meranah ke lesehan dan rumah makan. Arti nasi tempong sendiri adalah tertampar karena pedasnya sambal yang disajikan.

Plang Nasi Tempong Indra Renon

Nasi Tempong Indra Renon Muka (2)

Nasi tempong memiliki banyak variasi lauk, seperti ayam bakar atau goreng, ayam pedas, tempe penyet, lele, gurami, cumi, udang, iga, dan lain sebagainya. Nasi tempong biasanya disajikan dengan nasi panas, tempe goreng 2 buah, tahu goreng, bakwan/perkedel jagung, ikan asin, dan sayuran rebus (bayam, terong, labu, dan timun). Selain itu yang tidak lupa disajikan sebagai menu andalannya adalah sambal mentah yang pedas. Kalau di Banyuwangi, sambalnya langsung dituang di atas sayuran rebus, kalau di Nasi Tempong Indra ini sambalnya dipisah.

Nasi tempong Indra ini sepertinya sudah terkenal dikalangan penikmat makanan di Denpasar, selain itu para artis yang datang ke Bali juga menyempatkan datang ke warung makan ini. Terang saja, warung makan ini sudah berdiri dari tahun 2007 dan cabang ke 2 di Renon ini baru masuk bulan ke 7. Situasi warung makan nasi tempong Indra, Renon ini bersih dan pelayanan yang ramah serta penyajiannya yang cukup cepat.

Setelah melihat beberapa menu yang ada di nasi tempong Indra, saya memilih nasi tempong ikan laut bakar dan nasi tempong ayam pedas. Minumannya saya memilih jeruk manis hangat dan wedang jahe.

Nasi Tempong Ayam Pedas
Nasi Tempong Ayam Pedas
Sambal Tempong
Sambal Tempong
Nasi Tempong
Nasi Tempong
Ikan Laut dan Sambal
Ikan Laut Bakar dan Sambal Tempong

Nasi tempong ayam pedas (27k) ayamnya tidak sepedas sambal tempongnya namun rasa ayamnya enak dan empuk. Nasi tempong ikan laut bakar (47k) awalnya saya memilih ini saya kira akan lebih murah dari harga ayam, setelah saya cicipi, ikan lautnya benar-benar enak dan segar, bumbu bakarnya pun pedas yang hampir sama dengan sambal tempongnya. Terang saja warung makan ini membandrol ikan lautnya seharga seperti itu. Mungkin gurame dan seafood lainnya di bandrol dengan harga yang hampir mirip. Kesan pertama saya makan nasi tempong adalah kesegaran dan sehatnya penyajiannya. Sayuran rebus dan timun yang fresh, ikan laut segar, ayam yang enak, dan sambal yang mantap. Sepertinya sambalnya ini tidak menggunakan terasi. Terlebih lagi makanan ini Halal untuk dikonsumsi. Ahihiihi..

Wedang Jahe
Wedang Jahe
Jeruk Peras Hangat
Jeruk Manis Hangat

Minuman yang saya pilih adalah Jeruk manis hangat (10k), pantaslah dengan harga segini dapat menikmati jeruk yang benar-benar jeruk peras. bukan jeruk nipis di jeruk-kan (:D). Minuman yang satunya adalah Wedang Jahe (10k), rasanya kurang mantap. Harusnya dapat lebih murah. Jahenya sudah tidak mengeluarkan kehangatan dan  airnya tidak panas, kurang oke blas. Sayang sekali.

Secara keseluruhan nasi tempong Indra ini membandrol harganya cukup mahal menurut saya. Apa mungkin karena banyaknya artis yang sudah datang kali ya. Karena rata-rata nasi tempong di Banyuwangi atau yang di lesehan-lesehan paling mahal 15ribu. Tapi tidak apa-apa, rasa nasi tempong Indra ini patut dicoba karena rasanya yang pedas dan lauk yang segar.

This slideshow requires JavaScript.

HAPPY EATING!

2 thoughts on “Venue: Nasi Tempong Indra, Renon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s