Trip: Bali Shell Museum


“Museum itu cuman satu tapi isi museum yang berbeda-beda”

Beberapa kali ke museum, beberapa kali pula merasakan nikmatnya menikmati museum dengan tiket masuk yang lebih murah dari semangkuk bakso. :p Nyatanya atau yang lebih jelasnya, ada pula museum dengan tiket masuk yang mahal. Namun kualitas dari museum tersebut memang “berbintang”.

Salah satu contohnya ada di Bali, namanya Bali Shell Museum. Penampakan luar ketika sampai di Museum ini adalah seperti penjualan furniture rumah yang kesemuanya jenis-jenis hewan laut. Memang, dilantai pertama ini tempat menjual souvenir-souvenir hewan laut berbentuk fosil maupun yang diawetkan. Museumnya berada di lantai 2 dan lantai 3. Harga yang di bandrol untuk menikmati keindahan isi museum ini adalah 75k, anak-anak 50k. Benar mahal dibandingkan dengan museum pemerintah dan beberapa museum swasta.

Bali Shell Museum

Bali Shell Museum merupakan museum kerang pertama di Indonesia, dan di Asia, museum ini adalah yang ketiga setelah Thailand dan China. Wow! Museum ini sudah berdiri sejak tahun 2009 dan koleksi kerang yang ada disini sudah berumur kurang lebih 27 tahun. Pengunjung yang menikmati Bali Shell Museum rata-rata mancanegara dan beberapa pejabat negara.

Lantai 1 Bali Shell
Lantai 1 Bali Shell

Ketika saya dan teman saya melihat kedalam museum, satu kata yang pertama muncul adalah “Keren!”. Saya tidak pernah diving dan memegang jenis-jenis hewan laut yang diperlihatkan disini. Seringnya hanya melihat di televisi atau di buku-buku. Ditemani seorang guide, beliau bercerita banyak mengenai asal mula fosil-fosil maupun hewan laut berbentuk kerang, keong, dan lain-lain yang ada disini. Contohnya di lantai 2 beliau bercerita kristal yang ada disini ditemukan dari Rusia, Trilobita adalah yang paling tua setelah hidupnya bakteri, Ammonite kira-kira ada 5 jenis dan kebanyakan ditemukan di Afrika. Lantai 3 lebih disajikan berbagai jenis cangkang kerang, landak laut, dan jenis-jenis hiu dan ikan. Totalnya ada lebih dari 10.000 spesies kerang.😮

Saya tidak bisa menceritakan lebih banyak mengenai jenis-jenis kerang karena kalau tidak dilihat langsung dan diceritakan langsung rasanya kurang sempurna menikmatinya. Maka dari itu sempatkanlah mengunjungi Bali Shell Museum atau museum-museum yang ada di Bali, jangan hanya bermain di mall saja. Hahahaha… Tidak ada yang bersifat merugi kalau ingin menambah pengetahuan. Enjoy!😉

Bali Shell Museum

Sunset Road 819 Kuta, Bali

(0361) 752-932

Open: Everyday, 09.30-21.30

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s