Trip: Air Terjun Tibumana


Ketika memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun yang terdapat di daerah Gianyar, saya dan teman-teman tidak hanya ke salah satu tempat saja namun juga ke beberapa tempat sekaligus. Hal ini diperuntukkan untuk lebih mengeksplor daerah sekitar. Nah, setelah bermain di Air Terjun Kanto Lampo, kita menuju kearah utara yaitu di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kabupaten Bangli. Air Terjun yang kita datangi bernama Air Terjun Tibumana. Air Terjun yang lumayan terkenal di kalangan anak muda masa kini (a.k.a anak social media). Waktu tempuh dari Air Terjun Kanto Lampo adalah 25 menit. Lokasinya gampang diakses, walaupun jalanan kecil dan beberapa jalan berlubang, kita akan disuguhi pemandangan hamparan pohon kelapa.

Setelah memarkirkan kendaraan, kita melewati jalan kecil disamping Pura Besar terlebih dahulu untuk membayar retribusi sebesar Rp 5.000,-/orang. Kami bersiap menuju kebawah, tangga yang disediakan sudah tertata rapi dan tidak begitu banyak. Kita akan dituntun menuju Air Terjunnya sesuai dengan tanda yang sudah diberikan. Setelah melewati tangga, kita akan melihat gazebo kecil di sebelah kanan dan jembatan. Masih di jembatan, tiba-tiba teman saya meminta untuk diambilkan foto. (-,-“) alhasil cekrek-cekrek beberapa kali dan kita melanjutkan perjalanan ke jembatan kedua yang tak jauh dari yang pertama. Dari jembatan kedua, kita bisa mendengar gemuruh air terjun Tibumana. Kita melewati beberapa undakan dan dari kejauhan kita akan melihat Air Terjun setinggi 5 meter dengan pinggiran tebing hampir keseluruhannya tertanam tumbuhan perdu dan berlumut, di atasnya banyak pohon-pohon rindang yang akan menambah keasrian pemandangan sekitar Air Terjun ini.

Warga sekitar sering menyebut Air Terjun ini Air Terjun kembar karena ada dua air yang saling jatuh bersamaan. Namun ketika kami berkunjung kesana, hanya ada satu Air Terjun karena debit air yang sedikit dan terlihat agak sedikit kotor dibagian permukaannya. Pengelola atau warga sekitar memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin berenang di sekitar Air Terjun dengan membuat toilet untuk berganti pakaian.

HAVE A NICE TRIP!

ps: tulisan ini dipos juga di bali-airport.com/id/panduan-wisata dengan beberapa perubahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s