Trip: Air Terjun Goa Rang Reng


Awalnya setelah menikmati pemandangan di Air Terjun Kanto Lampo dan Air Terjun Tibumana kami ingin segera pulang, namun karena dirasa masih ada waktu sebelum sore menjelang, kami memutuskan untuk mampir sebentar di Air Terjun Goa Rang Reng, lokasinya ada ditengah-tengah antara Air Terjun Kanto Lampo dan Air Terjun Tibumana tepatnya di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Gianyar. Kami memarkirkan mobil di ujung jalan menuju Air Terjun tapi kalau untuk motor bisa diparkir dekat retribusi.

Kami hanya merogoh kocek Rp 10.000,-/orang. Wisata ini tak hanya tentang Air Terjun saja tetapi juga mengenai Goa Rang Reng itu sendiri. Goa tersebut diperuntukkan untuk melakukan persembahyangan. Jadi untuk perempuan yang sedang berhalangan, tidak diizinkan untuk memasuki goa tersebut. Berdasarkan dari www.hipwee.com, nama Rang Reng menurut warga sekitar berasal dari warna goa yang beraneka warna. Sungai yang diberi nama Tukad Cangkir ini, airnya berasal dari sungai di daerah Bangli dan Gianyar Utara. Bagi umat Hindu, dua aliran air ini dijadikan tempat yang disucikan sebagai kegiatan melukat (menyucikan diri) dan kegiatan ngayut (salah satu upacara ngaben) oleh warga sekitar.

Apabila ingin mengunjungi Goa Rang Reng lebih baik dengan guide agar mendapatkan informasi lebih dalam mengenai sejarahnya. Kalau hanya ingin bermain di Air Terjunnya, cukup mengikuti arah yang sudah disediakan. Menuju ke Air Terjun Goa Rang Reng, jalurnya lebih panjang dan menurun dibandingkan Air Terjun Kanto Lampo.

Aliran air Tukad Cangkir ini jatuh ke batuan yang berundak-undak yang dijadikan tempat wisata sebagai Air Terjun Goa Rang Reng. Berbeda dengan Air Terjun Kanto Lampo dengan batuan berundak-undak tinggi, Air Terjun Goa Rang Reng ini undakannya semakin kebawah semakin melebar. Kita dapat bernikmati aliran deras air sungai tersebut, namun harus tetap berhati-hati karena sedikit terjal dan licin. Air Terjun Goa Rang Reng memiliki tempat untuk berganti pakaian (sangat sederhana dan tidak ada air yang mengalir) serta ada tempat untuk menaruh tas. Terdapat satu warung kecil yang menyediakan makanan kecil dan minuman hangat.

HAVE a NICE TRIP!

ps: tulisan ini dipos juga di bali-airport.com/id/panduan-wisata dengan beberapa perubahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s